Beranda | Artikel
Hukum Berobat dalam Islam
Jumat, 23 Juni 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Hukum Berobat dalam Islam ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 23 Dzulqa’dah 1444 H / 12 Juni 2023 M.

Kajian Tentang Hukum Berobat dalam Islam

Talbis iblis terhadap kaum sufi dalam hal meninggalkan pengobatan. Ini salah satu talbis iblis terhadap mereka. Banyak dari mereka tidak memahami makna tawakal yang sebenarnya, sehingga mereka hanya bertawakal tanpa melakukan usaha/ikhtiar.

Para ulama sepakat bahwa hukum berobat adalah boleh (mubah), namun beberapa dari mereka berpendapat bahwa hukum asal hal ini adalah tidak berobat. Maksudnya di sini apabila adalah apabila berobat hukumnya mubah menurut ijma’ kaum muslimin, bahkan dianjurkan oleh beberapa ulama, maka tidak perlu lagi kita mempedulikan pendapat sejumlah pihak bahwa berobat tersebut bertentangan dengan sikap tawakal.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukan beberapa metode pengobatan, seperti bekam, penggunaan herbal tertentu seperti habbatussauda, susu sapi, dan lain-lain. Jadi ada didalam syariat kita yang disebut thibbun nabawi (pengobatan ala Nabi).

Artinya bahwa di dalam Islam pengobatan itu ada. Dan pengobatan tidak menafikan tawakal. Kalaulah itu bertentangan dengan tawakal, tentu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak merekomendasikan bentuk-bentuk pengobatan dan memerintahkan kita untuk tawakal saja.

Dalam kenyataannya, ada penyakit yang kita biarkan saja, hanya dengan modal istirahat bisa sembuh sendiri. Tapi ada juga penyakit yang kalau kita biarkan menjadi bertambah parah. Apabila dibiarkan akan mengarah kepada kematian. Sehingga orang yang punya penyakit seperti itu harus berobat untuk menyelamatkan jiwanya. Kalau dibiarkan sama saja dia melemparkan dirinya kepada kebinasaan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53000-hukum-berobat-dalam-islam/